Yang hal-hal dapat diminta melalui pusat panggilan online AirAsia
Sejak Agustus 2020, Air Asia telah mengubah call center AirAsia menjadi lebih mudah melalui layanan obrolan online. Nah, jika anda ingin menghubungi pihak maskapai, anda tidak bisa lagi menggunakan nomor call center yang dulunya aktif, melainkan melalui chat.
Layanan live chat yang disediakan oleh Air Asia bernama AVA, yang merupakan singkatan dari AirAsia Virtual Allstar. Dimana AVA merupakan sistem live chat yang digerakkan oleh kecerdasan buatan (AI) untuk dapat melayani pelanggan secara akurat dan praktis serta dapat diakses kapan saja.
AVA secara harfiah adalah asisten virtual untuk Air Asia, yang bertugas melayani semua pertanyaan, bahkan keluhan dari pelanggan secara otomatis dan online. Layanan ini sendiri dapat diakses baik melalui alamat resmi website AirAsia, melalui Facebook Messenger atau aplikasi WhatsApp.
Dalam layanan ini, Anda tidak akan bersentuhan langsung dengan petugas, seperti menggunakan call center AirAsia, melainkan terhubung ke komputer atau dipanggil chatbot. Konten obrolan telah dikirimkan secara otomatis kepada Anda. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan melalui layanan live chat ini.
Kumpulkan pemesanan tiket dan perubahan penerbangan
Salah satu hal yang dapat Anda lakukan dengan layanan obrolan langsung AVA adalah memesan tiket pesawat. Jika sebelumnya Anda memesan secara langsung atau melalui telepon, hari ini Anda dapat memesannya hanya melalui layanan serba online ini, yang nantinya akan dikirim ke alamat email.
Cara memesan tiket Anda sangat sederhana. Pertama-tama, Anda perlu mengklik ikon yang bertuliskan “pesan penerbangan” untuk memesan tiket. Kemudian temukan tombol ini di menu utama situs resmi Air Asia. Setelah Anda menekan tombol pesanan, Anda akan diberikan beberapa pertanyaan.
AVA, sebagai asisten virtual dari maskapai, akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait penerbangan pesawat yang Anda pesan. Dalam prosesnya, Anda harus menjawab semua pertanyaan chatbot dan mengikuti langkah-langkah ini. Proses ini hampir mirip dengan proses pemesanan saat menggunakan call center manual AirAsia.
Setelah Anda selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, AVA akan mengarahkan Anda ke halaman berikutnya, yang berisi fitur tambahan. Ini termasuk menambahkan bagasi, memilih kursi untuk pesawat dan memesan berbagai jenis makanan dan minuman. Setelah itu, isi nama Anda di kolom yang disediakan, lalu lakukan pembayaran.
Proses pemesanan tiket secara online tanpa melalui call center AirAsia dilakukan secara manual. Dan sekarang Anda hanya perlu menunggu tiket Anda dikirim ke alamat email Anda. Selama periode sebelum penerbangan, Anda juga dapat memeriksa status penerbangan pesawat dan membuat perubahan pada reservasi yang dibuat.
Periksa promosi Air Asia dengan layanan ini
Tidak hanya untuk memesan tiket pesawat dan mempermudah berbagai perubahan, sistem layanan online AVA ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan informasi terkait berbagai promosi yang ditawarkan oleh Air Asia. Tentu saja Anda ingin tahu itu, bukan? Cara melakukannya sangat mudah.
Dalam sistem pusat obrolan AirAsia ini, Anda cukup memasukkan kata “tarif promosi” atau “promo” dalam obrolan dengan AVA. Anda kemudian akan menerima tanggapan dari chatbot Air Asia. Jawaban yang akan diterima bukanlah daftar saham maskapai yang ditawarkan, melainkan dalam bentuk tips.
Sebagai asisten virtual, AVA live chat akan membantu dengan menawarkan tips tentang cara menemukan promosi di situs resmimaskapai ini, Ai r Asia. AVA akan mengarahkan Anda untuk mengklik bagian berlabel “Promo Radar” untuk mempelajari berbagai promosi yang ditawarkan oleh Air Asia dan maskapai penerbangan lainnya.
Salah satu promosi yang ditawarkan oleh Air Asia adalah memberikan keuntungan bagi pelanggannya yang bergabung dengan Air Asia BIG dan membayar dengan Air Asia BIGPay. Ada beberapa diskon atau manfaat lain yang dapat Anda manfaatkan. Anda hanya perlu mencoba informasi dengan AVA.
Jangan khawatir tentang pengembalian dana karena AVA dapat membantu
Saat melakukan penerbangan, tentunya terkadang Anda menemui berbagai kendala dan kendala dalam proses pemesanan. Misalnya, Anda dapat membatalkan jadwal penerbangan yang telah dipesan kapan saja karena alasan tertentu, atau perjalanan yang dijadwal ulang, bahkan proses pemesanan tiket penerbangan ganda secara tidak sengaja.
Anda mungkin juga mengalami kesalahan dalam proses pembayaran, misalnya, Anda melakukan pembayaran dua kali untuk tiket yang sama. Tentunya hal ini akan sangat merugikan jika anda tidak melakukan refund atau refund yang sudah anda transfer ke Air Asia.
Namun, Anda mengambilnya dengan mudah. Karena melalui sistem call center AirAsia yang sudah diubah menjadi semua online dan otomatis, Anda bisa mengurusnya dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu menggunakan layanan live chat, yaitu AVA sebagai asisten virtual untuk Anda dan menggantikan call center.
Seperti biasa, Anda membuka obrolan dengan AVA. Di menu utama, Anda dapat memilih bagian “pengembalian dana”, dan kemudian melanjutkan ke proses berikutnya, yaitu “permintaan pengembalian dana”. Setelah itu, Anda dapat memilih pengembalian dana yang Anda butuhkan, misalnya melalui pembayaran ganda.
Setelah proses tersebut, Anda harus memberikan kode PNR, yang dapat Anda temukan di rencana penerbangan. Kemudian ikuti langkah-langkah ini dan persiapkan diri Anda untuk meminta lampiran beberapa dokumen penting. Bahkan tanpa pusat panggilan manual AirAsia , semua kasus Anda masih dapat ditangani secara optimal oleh Air Asia.
Bagikan keluhan Anda melalui obrolan langsung
Dalam setiap layanan yang diberikan tentunya ada pihak-pihak yang merasa belum maksimal. Oleh karena itu, setiap perusahaan pasti selalu membuka kesempatan bagi pelanggan untuk menyampaikan keluhannya sebagai bentuk kritik dan koreksi atas perbaikan di masa mendatang. Oleh karena itu, Air Asia juga menyediakan kemampuan untuk mengajukan keluhan melalui layanan chat ini.
Bahkan tanpa melalui call center AirAsia, pelanggan tetap dapat secara fleksibel mengajukan berbagai keluhan dan kontribusi Anda kepada AirAsia. Tahap pengaduan tidak terlalu rumit. Seperti biasa, Anda dapat mengobrol dengan AVA dan membicarakan keluhan Anda.
Mengajukan keluhan ini sama sekali berbeda. Anda akan diberikan alamat tautan khusus untuk memposting keluhan atau keluhan Anda. Sebelumnya, dalam obrolan dengan AVA, Anda harus mengetik “umpan balik” atau “umpan balik “, lalu masukkan juga “keluhan”.
Kemudian ikuti langkah-langkah tersebut, dan jika Anda menerima link umpan balik khusus, pelanggan dapat langsung mengisinya dan menyampaikan apa keluhan pelanggan tersebut. Setelah selesai, klik Kirim dan tunggu maskapai penerbangan mengirimi Anda tanggapan email. Bukankah cukup mudah untuk mengajukan keluhan secara online?
Sebagai maskapai penerbangan yang telah terbukti, Air Asia selalu berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik tanpa batas kepada pelanggannya. Untuk itu, layanan live chat ini hadir untuk memudahkan Anda berinteraksi dengan pihak maskapai. Bahkan tanpa call center AirAsia , Anda akan tetap merasakan kenyamanan maksimal.